Friday, March 29, 2024

Install LAMP dan Vesta Panel di Linux Ubuntu 14.04 Trusty

May 09, 2017 by pakdhetimin - 2.1K views

Install LAMP dan Vesta Panel di Linux Ubuntu 14.04 Trusty

 

Kembali lagi dengan langkah-langkah membangun sebuah server sendiri di rumah (home server project), setelah install OS Ubuntu Linux dan setting update otomatis ip address dynamic ddclient selesai dilakukan, saatnya kita install LAMP (Linux Apache MySQL PHP) untuk membuat komputer server menjadi sebuah web server yang handal.

Cara install dan konfigurasi LAMP di Ubuntu Linux dapat dilakukan secara manual satu demi satu, tapi akan memakan waktu, khususnya untuk konfigurasi web server tersebut. Untuk itu, saya menggunakan cara lebih praktis yaitu dengan cara kita install Vesta Control Panel (VestaCP), maka kita akan mendapatkan semua hal yang dibutuhkan untuk membangun komputer server menjadi sebuah web server yang handal dan mudah pengoperasiannya. Dengan menginstall Vesta Control Panel, maka akan otomatis terinstall Apache webserver, Nginx webserver, database MySQL maupun PostgreSQL, PHP dan bahkan mail server (VestaCP memakai Exim4) sesuai dengan apa yang ingin kita install.

Langkah-langkah instalasi VestaCP adalah sebagai berikut:

  1. Silakan logon ke situs VestaCP: www.vestacp.com
    Klik menu Install dan cermati pada bagian INSTALL INSTRUCTIONS.
    install_vestacp01.jpg
  2. Jangan lupa install dulu curl kalau belum ada dengan perintah:
    sudo apt-get install curl
    
    
  3. Lalu jalankan perintah ini untuk login sebagai root:
    sudo -i
    
    
    masukkan password root anda. Kemudian jalankan perintah berikut untuk download file install.sh vestacp:
    curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh
    
    
  4. Masih melalui situs VestaCP.com untuk install fitur tertentu saja pada bagian ADVANCED INSTALL SETTINGS, silakan pilih command installation sesuai apa yang ingin anda install.
    install_vestacp02.jpg
    Klik Generate Install Command dan copy-paste atau ketikkan perintah yang muncul ke terminal console Ubuntu anda, seperti misal:
    install_vestacp03.jpg
    Saya tambahkan perintah --force di belakang perintah --password yourpasswd123 supaya saat instalasi VestaCP akan otomatis overwrite system apa saja yang sudah pernah terinstall.
  5. Selanjutnya ikuti saja perintah-perintah yang muncul saat instalasi
  6. Selesai instalasi restart komputer anda dengan perintah seperti biasa:
    sudo reboot
    
    

Untuk menggunakan Vesta Control Panel silakan masuk melalui browser dengan alamat https://yourdomain.com:8083 dengan username admin dan password sesuai dengan yang anda masukkan saat proses instalasi VestaCP.


Komentar